Breaking News:

latest

Ads Place

Mengenal Aksara Batak

Foto : Ina ni Surat Batak BATAKTIVE.COM, BATAK KALI -  Sama halnya saat kita baru belajar membaca dan menulis, kita disuruh untuk bisa ...

Foto : Ina ni Surat Batak
BATAKTIVE.COM, BATAK KALI - Sama halnya saat kita baru belajar membaca dan menulis, kita disuruh untuk bisa menghafal abjad A – Z, ada vokal dan ada konsonan, ke 26 abjad tersebut harus bisa kita hafal secara luar kepala. Begitu juga dengan Aksara Batak, bila kita ingin menguasai aksara batak, yang pertama yang harus bisa kita kuasai adalah yang disebut dengan Ina Ni Surat.

I. Ina Ni Surat
Ina ni Surat adalah induk dari surat batak, yang merupakan huruf-huruf pembentuk, yang menjadi huruf dasar dalam penulisan aksara batak.

Ada 19 ina ni surat, ina ni surat tersebut adalah : A, Ha, Ma, Na, Ra, Ta, Sa, Da, Ga, Ja, La, Pa, Ba, NGa, NYa, Wa, Ya, I dan U. Untuk lebih cepat mengingat ke 19 Ina ni surat ini, kita kelompokkan menjadi beberapa kata yang mempunyai arti.
  1. AhaMaNaRaTa? (apa saja kah yang hijau itu?)
  2. SaDaGaJa. (seekor gajah)
  3. BaNga (saya artikan berasal dari kata burung bangau)
  4. LaPa (saya artikan berasal dari kata SALAPA, yang artinya Selapa, yaitu tempat tembakau dari kuningan atau dari perak, atau Tempat Sirih orang tua dulu disebut dengan Salapa.
  5. NyaWa : Ya, I, U ( Nyawa si Yayan…, si Iin… dan si Uun… lagi dipertaruhkan di blog ini (hehehe……)

Setiap satu lambang huruf batak (ina ni surat) di atas, sudah terdiri dari dua abjad (Konsonan dan Vokal dasar [a]) dan pengucapanyapun sudah menjadi sebuah penggalan suku kata yang memantulkan suara / gaung [a] (Mrsaringar [a] ) KECUALI : Ina ni surat (A, I  dan U).

Vokal dasar [a] dari ina ni surat bisa diubah-ubah dengan tanda diakritis atau yang disebut dengan anak ni surat, sehingga pengucapanya/lafalnya ( saringarnya) menjadi berubah.

II. Anak ni Surat
Anak ni surat dalam aksara Batak adalah komponen fonetis yang disisipkan dalam ina ni surat (tanda diakritik) yang berfungsi untuk mengubah pengucapan/lafal dari ina ni surat (pantulan suara, gaung atau Saringar) dari Inani surat. Tanda diakritik tersebut dapat berupa tanda Vokalisasi, Nasalisasi atau Frikatif.
Foto :  Anak ni Surat Batak
III. Pangolat dan Tanda baca
Pangolat, arti dalam bahasa indonesia adalah sebagai alat pemukul, alat pengusir, yaitu tanda yang berfungsi untuk menghilangkan vokal dasar [a] dari ina ni surat, sehingga yang tinggal hanya konsonannya saja. Tanda baca “pangujungui” dalam bahasa Indonesia adalah tanda untuk mengakhiri kalimat, yaitu sama dengan tanda TITIK.

Bersambung dipostingan berikutnya.

Sumber : jtonang.wordpress.

No comments

Harap memberikan komentar yang mendukung kemajuan blog ini.
Terimakasih!!!

Iklan