Breaking News:

latest

Ads Place

Gubernur NTT Sebut Makan Nasi Banyak Ciri-ciri Orang Miskin

Foto: Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Abdul Haris/detikcom) Bataktive.com, Kupang -  Pernyataan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) V...

Gubernur NTT Sebut Makan Nasi Banyak Ciri-ciri Orang Miskin
Foto: Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Abdul Haris/detikcom)

Bataktive.com, Kupang - Pernyataan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat jadi sorotan. Dalam sebuah acara, Viktor melontarkan pernyataan keras menyentil ketersediaan pangan hingga kemiskinan di provinsi yang dipimpinnya.

Kemiskinan, kata Viktor, kerap ditandai dengan keributan terkait beras. Hal itu terjadi karena kebanyakan orang miskin, menurutnya porsi makannya lebih banyak nasinya daripada proteinnya.

"Ciri khas manusia kaya itu, lihat di tempat makannya. Kalau nasinya ambil banyak, itu orang miskin, tapi kalau proteinnya banyak, itu orang kaya," ujar Viktor.

"Yang masih ribut soal beras berarti kita masih miskin. Ciri khas orang miskin itu makan nasi dalam jumlah banyak. Lauknya hanya dua saja. Sambil dia cium, terus makan nasi, dilakukan berulang kali. Nanti setelah terakhir baru makan ikan dan nasi yang terakhir," ujar Viktor yang disambut tawa peserta yang hadir. "Ke depan kita mau maju, bila perlu, karbohidrat tidak ada karena karbohidrat itu bikin ngantuk, gula darah, dan semuanya bermasalah," imbuhnya.

Jumlah Orang Miskin NTT

Dalam data terakhir yang diterbitkan BPS, NTT memang masuk ke dalam salah satu provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Indonesia. Dari lima provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi, NTT menduduki posisi ketiga.

Secara nasional, per Maret 2023, BPS mencatat 25,9 juta orang miskin di Indonesia per Maret 2023. Jumlah itu setara dengan 9,36% penduduk di Indonesia.

Nusa Tenggara Timur (NTT) jadi provinsi dengan tingkat kemiskinan paling banyak ketiga di Indonesia. Persentase penduduk miskin di NTT sebanyak 19,96%, turun dari September 2022 yang mencatatkan persentase sebesar 20,23%.

Jumlah penduduk miskin di NTT per Maret 2023 adalah sebesar 1.141.110 jiwa. Turun sebanyak 8.060 jiwa dari September 2022 yang mencatatkan jumlah penduduk miskin sebanyak 1.149.170 jiwa.

No comments

Harap memberikan komentar yang mendukung kemajuan blog ini.
Terimakasih!!!

Iklan