Breaking News:

latest

Ads Place

Naposo Batak Harus Tau, 4 Patik Batak Cikal Bakal Lahirnya Dalihan Na Tolu

Foto : hipwee.com BATAKTIVE.COM, ADAT BATAK - Berikut ini 4 patik batak  yang kami dapatkan dari salah satu narasumber dari media sosia...

Foto : hipwee.com
BATAKTIVE.COM, ADAT BATAK - Berikut ini 4 patik batak yang kami dapatkan dari salah satu narasumber dari media sosial facebook, tentu saja hal ini masih perlu pembuktian namun kami putuskan untuk membagikan kepada dongan bataktive karena mungkin akan bermanfaat untuk kita semua. Menurut narasumber kami tersebut bahwasannya 4 patik inilah yang menjadi cikal baka lahirnya hukum adat batak dalihan na tolu.

1. Hatian na so teleng

Unang marnida bohi, unang marnida arta, unang narnida status sosial; unang hu roha marnida halak manang na boha pe pogos na; sebalikna unang mamereng hamoraon pangkat dohot jabatan Molo mora pe hita, marpangkat manang marjabatan, tahamauliatehon i tu Tuhan i jala tapake ma pasangaphon Ibana.

2. Paninggala si bola tali

Maninggala/membajak sawah harus lurus kedepan, tinggala sibola tali maksudnya tidak ada beloknya sama sekali lurus 180 derajat, miring koma nol sekian pun tidak bs ditolerir, maksud patik ini agar kita senantiasa memelihara hati kita senantiasa lurus/na tigor roha, nabulus marroha, apa adanya dan tidak banyak menuntut dari orang lain.

3. Pamura na so marumbalang

Menjaga padi disawah tidak menggunakan senjata dan kekuatan, artinya dalam mempertahankan hak atau pendapat tidak boleh menyakiti/melukai hati dan perasaan orang lain.

4. Parmahan na so marbatahi.

Gembala yg tidak membutuhkan tangkai bambu atau rotan dan tidak mau memukul ternak gembalaannya; maksudnya orang batak dalam pergaulan sehari2 diharapkan senantiasa bertindak lemah lembut dalam memberi arahan/petunjuk kepada yg lebih muda/ cerminan elek marboru dalam dalihan natolu.

LIKE & SHARE!

Sumber : Tumpal B. Manurung

1 comment

  1. Sangat bagus...
    Sangsina : ale anha tangihon ma hata ni amang mu , jala unang toishon poda ni inangmu.

    ReplyDelete

Harap memberikan komentar yang mendukung kemajuan blog ini.
Terimakasih!!!

Iklan