Breaking News:

latest

Ads Place

Kabar Gembira, Kota Medan Akan Segera Punya LRT

Foto : Ilustrasi LRT - straitstimes.com BATAKTIVE.COM, MEDAN - Seperti dikutip dari finance.detik.com,  Kota Medan   Tak lama lagi akan...

Foto : Ilustrasi LRT - straitstimes.com
BATAKTIVE.COM, MEDAN - Seperti dikutip dari finance.detik.com, Kota Medan  Tak lama lagi akan punya memiliki moda transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) menyusul Palembang dan Jakarta. Rencana pembangunan LRT Medan telah tercantum di dalam daftar Public Private Partnership (PPP) project 2017 atau proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Menteri/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, proyek ini saat ini sedang dalam tahap persiapan. Pelaksanaan proyek ini akan menggunakan skema KPBU. Pemerintah akan bekerja sama dengan badan usaha atau swasta, sehingga tak seluruhnya biaya ditanggung oleh APBN. Ini membuat pendanaan proyek LRT Medan akan berbeda dengan dua LRT sebelumnya yang saat ini tengah berjalan.

"Sekarang masih dalam tahap persiapan. Tapi yang pasti ini akan kita giring ke KPBU. Karena awalnya kan LRT-LRT itu di tempat lain pakainya APBN," katanya kepada detikFinance saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Pemprov Medan sendiri saat ini tengah melakukan pra studi kelayakan, untuk bisa melengkapi dokumennya masuk ke dalam tahap studi kelayakan atau feasibility study (FS), sehingga bisa dilakukan proses tender.

"Ini sekarang sedang dalam tahap FS-nya. Karena KPBU itu intinya harus FS yang bagus dan meyakinkan orang bahwa proyeknya bankable," ungkapnya.

LRT Medan sendiri menjadi kebutuhan yang dirasa cukup mendesak bagi kelancaran konektivitas transportasi di ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Sebagai ibu kota provinsi, Medan menjadi kota berkembang dalam hal pertumbuhan penduduk dan ekonomi, di mana kepadatan penduduknya menjadi salah satu yang terpadat di Indonesia.

Mayoritas penduduk di kota ini pun masih mengandalkan mobilitasnya melalui kendaraan pribadi dan sektor jalan.

Sumber : Finance.detik.com

No comments

Harap memberikan komentar yang mendukung kemajuan blog ini.
Terimakasih!!!

Iklan